PAEDAGOGIA
Vol 21, No 2 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 2 (2018)

ANALISIS LANGKAH-LANGKAH PENYELESAIAN SOAL MODEL TESTLET PADA MATERI STOIKIOMETRI

Stefanus kristiyanto (S2 Pendidikan Kimia pascsarjana UNS Gedung Pascasarjana Uns lantai 1 Jl. Ir. Sutami no 36 A Jebres Surakarta)
Ashadi Ashadi (S2 Pendidikan Kimia pascsarjana UNS Gedung Pascasarjana Uns lantai 1 Jl. Ir. Sutami no 36 A Jebres Surakarta)
Sri Yamtinah (S2 Pendidikan Kimia pascsarjana UNS Gedung Pascasarjana Uns lantai 1 Jl. Ir. Sutami no 36 A Jebres Surakarta)
Sulistyo Saputro (S2 Pendidikan Kimia pascsarjana UNS Gedung Pascasarjana Uns lantai 1 Jl. Ir. Sutami no 36 A Jebres Surakarta)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penguasaan langkah-langkah penyelesaian soal model testlet pada materi stoikiometri, siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan instrumen penelitian berupa 10 stem soal. Responden terdiri dari 45 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan langkah-langkah penyelesaian soal pada setiap sub pokok materi stoikiometri adalah sebagai berikut: hukum kekekalan massa tergolong tinggi (73,33%), hukum perbandingan tetap tergolong sedang (57,78%), hukum kelipatan perbandingan tergolong rendah (35,56%), hukum perbandingan volume tergolong sangat tinggi (82,22%), hubungan mol dengan massa zat tergolong tinggi (66,67%), hubungan mol dengan volume zat tergolong sedang (53,33%), rumus empiris dan rumus molekul tergolong rendah (40,00%), kuantitas pereaksi dan hasil reaksi tergolong sedang (60,00%), pereaksi batas tergolong sangat rendah (20,00%), dan kemurnian zat tergolong rendah (33,33%). Berdasarkan data persentase tingkat penguasaan siswa pada masing-masing langkah penyelesaian soal stoikiometri siswa kelas X SMA, sub materi hukum perbandingan volume dikuasai oleh sebagian besar siswa, sedangkan konsep pereaksi pembatas hanya dikuasai oleh sebagian kecil siswa.Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kelompok Peer, Prestasi Belajar Siswa

Copyrights © 2018