Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 1 (2015): BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Analisis Struktur Vegetasi di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali

MARIDI MARIDI (Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Jl. Ir Sutami 36 A, Surakarta, 57126, Indonesia)
ALANINDRA SAPUTRA (Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Jl. Ir Sutami 36 A, Surakarta, 57126, Indonesia)
PUTRI AGUSTINA (Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Jl. Ir Sutami 36 A, Surakarta, 57126, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui struktur dan komposisi vegetasi baik pohon maupun vegetasi penutup lantai (lower crop community-LCC) di lokasi kajian AMDAL kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali; serta (2) mengetahui pengaruh indeks nilai penting dan indeks diversitas vegetasi terhadap kondisi lingkungan di sekitar lokasi kajian AMDAL kecamatan Ampel kabupaten Boyolali. Penelitian dilaksanakan di lokasi kajian AMDAL kecamatan Ampel kabupaten Boyolali pada bulan Juni sampai Juli 2013. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahap antara lain: (1) survei (pene-litian pendahuluan; (2) penentuan area kajian (unit sampling); (3) pengambilan data lapangan; serta (4) analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk vegetasi pohon, diperoleh 46 spesies yang termasuk ke dalam 24 famili. Jenis pohon yang pa-ling banyak ditemukan adalah Capsicum frutescens (cabe rawit) yang berjumlah 3655 individu tiap 1600 m2. Kontribusi spesies pohon yang terbesar ditunjukkan oleh indeks nilai penting (INP) tertinggi adalah Capsicum frutescens. Indeks diversitas/keaneka-ragaman vegetasi pohon di lokasi adalah 0,9864 (rendah). Untuk vegetasi penutup lantai (LCC) ditemukan 80 spesies yang termasuk 27 famili. Cacah individu terbanyak adalah Wedelia montana sebanyak 3234608 individu per 400 m2. Indeks diversitas vegetasi LCC adalah 1,144822 (melimpah)

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

bioedukasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOEDUKASI-Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS merupakan peer review journal, memuat artikel hasil penelitian, review, dan pemikiran terkait dengan biologi, lingkungan, pembelajaran dan pendidikannya. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Februari dan ...