LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 2, No 1 (2017): LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KRITIK SASTRA MAHASISWA UMTS PADANGSIDIMPUAN

Eli Marlina Harahap (FKIP Universitas Muhammadiya Tapanuli Selatan (UMTS) Padangsidimpuan)
Lili Herawati Parapat (FKIP Universitas Muhammadiya Tapanuli Selatan (UMTS) Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar kritik sastra mahasiswa Semester V UMTS Padangsidimpuan”. Sampel penelitian sebanyak 26 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes Objektif. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dengan analisis deksriptif. Berdasakan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar kritik sastra mahasiswa terlihat bahwa nilai rata-rata keterampilan 82,5 berada pada kategori “Baik”. Dari perhitungan yang dilakukan diperoleh angka indeks korelasi  sebesar 01,86 , Hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh indeks korelasi  sebesar 01,86 bila dibandingkan dengan t-tabel pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 2 = 24-2 = 22 tidak ditemukan dalam tabel. apabila dikonsultasikan dengan harga ttabel diperoleh 1,71  maka thitung besar daripada ttabel atau 1,86 > 1,71. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis yang dirumuskan dapat diterima atau disetujui. Kata kunci: Model pembelajaran CTL, hasil belajar, kritik sastra.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...