Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendongengdengan metode storytelling games terhadap sikap peduli sosial siswakelas V SDN 49 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah QuaisyEksperimen Design dengan jenis desain The Matching Only PretestPosttest Group Design. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelumdan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel.Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN 49 Kota Bengkulu,dimana kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelaseksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angketyang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) danposttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian inidianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaituuji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata pretest padakelompok kontrol sebesar 52,55 dan kelompok eksperimen sebesar 54,75.Sedangkan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 65,00dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 51,30. Hasil uji-t posttestkelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 4,419 danttabel 2,024. Jadi thitung (4,419) > ttabel (2,024). Nilai thitung yangdiperoleh lebih tinggi dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh mendongeng dengan metode storytelling gamesterhadap sikap peduli sosial siswa kelas V SDN 49 Kota Bengkulu.Kata kunci: Medongeng, Metode Storytelling Games, Sikap Peduli Sosial.
Copyrights © 2018