JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar)
Vol 1 No 2 (2018)

Kemampuan Siswa Dalam Memahami Bahan Ajar Muatan Lokal Sejarah Kerajaan Bengkulu Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 25 Kota Bengkulu

Gusti Casanova (Universitas Bengkulu)
Sri Dadi (Universitas Bengkulu)
Lukman Lukman (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswadalam memahami bahan ajar muatan lokal sejarah kerajaan Bengkulupada 3 aspek hasil belajar sejarah yaitu aspek kecakapan akademik(kognitif), sikap kesadaran sejarah (afektif) dan sikap nasionalisme(afektif). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptifkuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik persentase. SubjekPenelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 31 siswa.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa soal(multiple choice) dan observasi berupa lembar pengamatan. Teknikanalisis data dengan penskoran pada tes pilihan ganda (multiple choice)dan penskoran pada lembar pengamatan kemudian dideskripsikan. Darihasil penelitian yang didapatkan bahwa siswa kelas VA Sekolah DasarNegeri 25 Kota Bengkulu cukup dengan rata-rata 61,28% dalammemahami bahan ajar muatan lokal sejarah kerajaan Bengkulu. Namunbila dilihat dari ketuntasan belajar, siswa kelas V SDN 25 KotaBengkulu dinyatakan belum tuntas, karena berdasarkan penilaian acuanpatokan siswa dinyatakan tuntas apabila yang mendapatkan nilai 65 keatas sebanyak 75-80%. Rincian perolehan hasil penelitian pada aspekkecakapan akademik sebanyak 19 siswa (61,29%) mampu memahamibahan ajar muatan lokal sejarah kerajaan Bengkulu, sebanyak 17 siswa(54,83%) mampu memiliki sikap kesadaran sejarah dan sebanyak 21siswa (67,74%) mampu memiliki sikap nasionalisme. Jadi, dari dapatdisimpulkan bahwa siswa kelas VA belum tuntas dilihat dari PAP danperlu dilakukan remedial.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juridikdasunib

Publisher

Subject

Education

Description

JURIDIKDAS (Basic Education Research Journal) published by PGSD Study Program FKIP Bengkulu University. Published articles are articles from research on basic education, which are related to the learning process in elementary school, management of basic education, as well as the process of preparing ...