Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Oktober 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA MATERI POKOK KERAGAMAN BENTUK MUKA BUMI SISWA KELAS VII SMPN SATAP 2 TOWEA (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri Satap 2 Towea)

Rusna, Wa (Unknown)
Nursalam, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan aktifitas belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri Satap 2 Towea yang di ajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi pokok keragaman bentuk muka bumi, 2) Mendeskripsikan aktifitas mengajar guru IPS di kelas VII SMP Negeri Satap 2 Towea yang di ajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi pokok keragaman bentuk muka bumi, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri Satap 2 Towea yang di ajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi keragaman bentuk muka bumi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Aktivitas belajar siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick pada skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar termasuk kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi termasuk kategori baik; 2) Aktivitas mengajar guru dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick pada skor rata-rata aktivitas mengajar guru siklus I sebesar termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi kategori baik; 3) Ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Satap 2 Towea dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari  orang siswa hanya  orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 60,9% dengan nilai rata-rata . Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari  orang siswa ada  orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan % dengan nilai rata-rata 78.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...