JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 6, No 1 (2018): PENDIDIKAN FISIKA

Analisis Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Fisika Dasar I dengan Menggunakan Scientific Approach Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar

Riskawati Riskawati (Unknown)
Andi Arie Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah memberikan gambaran kepada dosen Fisika tentang pendekatan-pendekatan sains yang dapat digunakan dalam membantu mahasiswa untuk lebih memahami konsep-konsep Fisika melalui kegiatan laboratorium. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Scientific Approach terhadap kemampuan menggunakan alat ukur Fisika Dasar I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian One–Group Pretest–Posttest Design. Penelitian ini akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Makassar Sulawesi Selatan. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Untuk analisis secara kuantitatif digunakan análisis deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes awal dengan hasil tes akhir.Kata kunci: Scientific Approach, kemampuan menggunakan alat ukur Fisika Dasar.The general purpose of this research is to provide an overview to Physics lecturers about science approaches that can be used in helping students to better understand the concepts of Physics through laboratory activities. The specific purpose of this research is to know the influence of Scientific Approach to the ability of using Physics Basic Elementary Instrument I Student of Physics Education Program Unismuh Makassar. The type of research used in this research is pre experimental research with One-Group Pretest-Posttest Design research design. This research will be conducted at Muhammadiyah University of Makassar South Sulawesi. Data management in this research is done after collecting data, then analyzed quantitatively. For the analysis of quantitative descriptive analysis is used that is the average score obtained from the initial test results with the final test resultsKata kunci: Scientific Approach, the ability to use the Basic Physics gauge

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...