Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)
Vol 3, No 1 (2018): JURKAMI

PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 6 NANGA PINOH

Yayan Kristiani (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Dessy Triana Relita (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Munawar Thoharudin (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Aktif Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa materi interaksi sebagai proses sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian eksperimen berjumlah 23 orang dan kelas control 25 orang. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa pretest dan postest yang di dapat dari tes uji berbentuk esay. Analisis data menggunakan uji-t, Hasil dari uji hipotesis diperoleh hasil posttest diketahui bahwa nilai thitung adalah 3,16 sedangkan nilai ttabel pada α = 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 23 + 25 - 2 = 46, adalah 2,021. Hal ini berarti nilai thitung> ttabel yaitu 3,20> 2,021 maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Active Learning Tipe Team Quiz dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada interaksi sebagai proses sosialKata kunci: Active Learning Tipe Team Quiz , Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah ...