SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 2 No 2 (2018): Juli 2018

Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi

Lessa Roesdiana (Department of Mathematics Education, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nita Hidayati (Department of Mathematics Education, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan metode lesson study dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttes only dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi di Karawang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan pemahaman matematis dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan pemahaman matematis. Data diolah menggunkan Software SPSS versi 22 for Windows, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan model lesson study lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Jadi dapat disimpulkan model lesson study dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah matematika ekonomi. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) is a journal of mathematics education that publishes research papers and studies in the field of mathematics education. SJME is a biannual (January and July), peer-reviewed, open access journal, edited by the Mathematics Education, Faculty of Teacher ...