Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 1 No 1 (2018): Vol. 1 No. 1 (Januari) 2018

Proses Berpikir Analogi Mahasiswa dengan Gaya Belajar Field Dependence dan Gaya Belajar Field Independence dalam Memecahkan Masalah Matematika

Sucipto, Lalu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat penguasaan integral pada mahasiswa ditinjau dari proses berpikir analogi mahasiswa dengan gaya belajar field dependence dan gaya belajar field independence. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk survey lapangan. Untuk mengukur gaya kognitif mahasiswa field independent dan field dependent, digunakan instrumen yang dikembangkan oleh Witkin (1971) yang disebut Group Embedded Figure Test (GEFT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan dengan gaya belajar field independent memiliki tingkat penguasaan integral yang lebih tinggi dari mahasiswa dengan dengan gaya belajar field dependent.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...