AL-FURQAN
Vol 6 No 2 (2018): Edisi September 2017-Februari 2018

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MTs. Negeri Model Kuripan

Kamaluddin Kamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Pada penelitian ini, dilaksanakan di MTs.N Model Kuripan, kelas yaang dijadikan tempat penelitian adalah kelas VIII/d sebagai kelompok tanpa perlakuan dan kelas VIII/d sebagi kelompok perlakuan. Pada penelitian yang diharapkan adalah hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi experiment), yaitu penelitian yang secara khas meneliti mengenai keadaan praktis yang didalamnya tidak mungkin untuk mengontrol semua variabel yang relevan. Terdapat beberapa tipe rancangan penelitian yang dipandang sebagai Quasy Experimental Design. Dari beberapa tipe tersebut, peneliti menggunakan Nonequivalent Control Group Design dimana desain ini hampir sama dengan pretes-postes control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Pembelajaran ini juga dapat dikatakan lebih efektif dari pembelajaran yang biasa dilaksanakan oleh guru (pendekatan konvensional), karena keefektifan ini bisa dilihat dari rata-rata postes hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata postes hasil belajar fisika siswa pada kelas kontrol.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alfurqan

Publisher

Subject

Education

Description

AL-FURQAN: Jurnal studi Pendidikan Islam adalah jurnal nasional bermitra bestari yang diterbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan online oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu ...