Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE)
Vol 1 No 2 (2018): Nov 2018, Volume : 1, Number : 2

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Dengan Metode Bermain Rangkai Pipa Pada Kelompok A Di TK IT Raudlatul Muhsinin Dempel Kidul Semarang Tahun Ajaran 2017 – 2018

Sari, Novita Cahya Sari Novita (Unknown)
Setiawan, Risky (Unknown)
Indra Dewi, Radeni Sukma (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal angka melalui metode bermain rangkai pipa di kelompok A TK IT Raudlatul Muhsinin  Dempel Kidul Pedurungan Semarang. Untuk mendeskripsikan peningkatan  aktivitas bermain anak dan untuk mendeskripsikan kemampuan pendidik dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka melalui .metode bermain rangkai pipa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas penelitian yang mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang teliti melalui data sampel atau populasi dengan melalui analisis dan kesimpulan yang berlaku. Objek penelitian adalah 16 peserta didik yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. I siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan indikator keberhasilan 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal angka di siklus I dan siklus II. Pada siklus I Kemampuan  kognitif anak  dalam mengenal angka memiliki prosentase sebesar 66,5%. Tindakan siklus I telah dapat mengembangkan kognitif dalam mengenal angka, tetapi belum memenuhi target keberhasilan sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada akhir siklus II, anak dengan kemmampuan kognitif dalam mengenal angka yang memenuhi kriteria meningkat menjadi 84,75 %.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sece

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Studies in Early Childhood Education publishes research articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning, spesical need, and non-formal studies in national and international issues in educational research published online ( p-ISSN : 2615-5397 ...