Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan kehadiran masuk kelas melalui Konseling Individu berbasis studi kasus bagi siswa kelas X  IPS 2   SMA Negeri 4 Magelang Semester Genap.Tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS2 SMA Negeri4 Magelang Semester Genap Tahun 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Wawancara dan studi dukumentasi Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tenik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan kehadiran masuk kelas pada kondisi awal rata-rata 14,4 meningkat menjadi 15,4 pada siklus I dan 16,1 pada siklus II.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018