Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan
Vol 2 No 2 (2018)

Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri

Mochamad Abdul Basir (Universitas Islam Sultan Agung)
Nila Ubaidah (Unknown)
M Aminudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat sebanding dengan tantangan kehidupan yang semakin rumit, hal ini tidak terlepas dari peran matematika. Sebagaimana tujuan pembelajaran matematika, salah satunya agar siswa menggunakan penalaran untuk memanipulasi matematika, membuat analogi dalam menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri pada siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang dilakukan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa tes penalaran analogi dan wawancara. Indikator kemampuan penalaran analogi meliputi structuring,  mapping, applying dan verifying. Hasil penelitian diperoleh siswa berkemampuan tinggi mampu melakukan semua komponen penalaran analogi, siswa berkemampuan sedang mampu melakukan sampai tahap applying, dan siswa berkemampuan rendah tidak mampu melakukan structuring.

Copyrights © 2018