J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)
Vol 3, No 1 (2018): J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)

PENGGUNAAN STUDY HISTORY SHEET PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sumari Sumari (Universitas Negeri Malang)
Ridwan Joharmawan (Universitas Negeri Malang)
Dwi Ratna Wulandari (Universitas Negeri Malang)
Aman Santoso (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) pada model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar materi asam dan basa. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi-Eksperimental Design jenis Posttest Only Design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan SHS, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan SHS lebih tinggi daripada yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS  dengan nilai signifikansi sebesar 0,015.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j-pek

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia (e-issn: 2579-5945; p-issn: 2528-6536) is published by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. The publishing frequency of the journal is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in the Indonesian ...