AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 1, No 3 (2016): Ampibi 3

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA POKOK BAHASAN JAMUR DI KELAS X SMA NEGERI 18 KONAWE SELATAN

Esti Widiyastuti (FKIP Jurusan Pendidikan Biologi)
Amiruddin Amiruddin (FKIP Jurusan Pendidikan Biologi)
Parakkasi Parakkasi (FKIP Jurusan Pendidikan Biologi)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada materi jamur di kelas X SMA Negeri 18 KonaweSelatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian yaitu kelas X1 kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas X2 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penetuan sampel dengan cara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisi menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Sesuai hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa diajar dengan model pembelajaran langsung adalah 62,85 sedangkan siswa ynag diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture adalah 71,9. Sehingga nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol pada materi jamur dengan nilai α < 0,05 hal ini disebabkan oleh kemampuan siswa yang semakin muda dalam memahami materi yang diajarkan. Karena dengan model pembelajarn kooperatif tipe picture and picture memberikan kesan yang menyenangkan dan membantu dalam mengingat pelajaran yang telah disampaikan.Kata Kunci: Kooperatif tipe Picture and Picture, Jamur

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...