Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 2, No 2 (2018)

Perencanaan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap pada Apresiasi Sastra Anak

Syihabuddin Syihabuddin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Vismaia S. Damaianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
N. Yeffa Afnita Apriliyani (Universitas Islam Nusantara)
Rika Istianingrum (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya disajikan secara utuh ke dalam aspek-aspek keterampilan berbahasa dan bersastra terutama pada pembelajaran apresiasi sastra anak. Cenderung pada sebuah pembelajaran, guru melakukan evaluasi hasil belajar secara diskrit dalam bentuk tes akhir, jarang guru melakukan evaluasi proses berupa pengamatan tingkah laku atau kita sebut dengan penilaian sikap. Pemahaman guru terhadap konsep dan implementasi penilaian sikap masih kurang maksimal, artinya adalah guru masih kesulitan dalam melakukan penilaian sikap yang diterapkan pada bentuk penilaian sikap Kurikulum 2013 yakni, penilaian observasi, jurnal harian, penilaian sejawat, penilain diri sendiri. Untuk mewujudkan suatu bentuk konsep instrumen penilaian sikap yang mudah untuk diimplementasikan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan nilai-nilai moral pada apresiasi sastra yang berupa novel anak, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra anak pada novel anak dapat dimanfaatkan sebagai indikator instrumen penilaian sikap yang berkaitan dengan bentuk kompetensi penilaian sikap Kurikulum 2013 serta memaparkan tahap-tahap konsep bentuk instrumen penilaian sikap pada apresiasi sastra anak yang dapat dikembangkan dari pengkajian novel anak dan didasarkan pada bentuk kompetensi penilaian sikap Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode research and development. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, rekam, dan studi lietratur/pustaka. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Nilai-nilai moral yang terkandung dalam sastra anak pada novel anak dapat dimanfaatkan sebagai indikator instrumen penilaian sikap. 2) Konsep bentuk instrumen penilaian sikap pada apresiasi sastra anak yang dapat dikembangkan dari pengkajian novel anak dan didasarkan pada bentuk kompetensi penilaian sikap Kurikulum 2013.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lingua

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal LINGUA FRANCA merupakan media informasi dan penyebarluasan artikel hasil penelitian maupun konseptual dengan bidang garapan yang berhubungan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Arjuna Subject : Seni dan Humaniora - Bahasa dan ...