Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 8, No 2 (2018)

Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar

Fakhriyatu Zahro (Pendidikan Dasar Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
I Nyoman Sudana Degeng (Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Alif Mudiono (Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group. Data penelitian yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping lebih unggul dibandingkan rata-rata nilai siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...