Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Bukit ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, karena beberapa faktor pembelajaran yang didomonasi oleh ceramah dan belum memotivasi siswa untuk belajar secara aktif. Berdasarkan penerapan yang telah dilakukan dihasilkan kesimpulan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Bukit dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu tahun pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat diketahui melalui nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari refleksi awal sebasar 65,67 menjadi 77,11 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80,44. Daya serap pada refleksi awal adalah 65,67% meningkat menjadi 77,11% pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 80,44%. Sementara itu, ketuntasan klasikal belajar siswa pada refleksi awal 33%, pada siklus I tetap sama 33%, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%.
Copyrights © 2018