Permasalahan penelitian ini adalah apakah dalam pembelajaran IPS dengan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas II di SDN 4 Tuladenggi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Kelas II dalam Pembelajaran IPS menggunakan media gambar di SDN 4 Tuladenggi sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus melalui empat tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 4 tuladenggi Tahun Ajaran 2013/2014. Adapun subjek penelitian adalah 15 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa putri dan 5 orang siswa putra. Pada siklus pertama diperoleh nilai rataârata ulangan 68,27 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 46,67 k% yang berarti tidak memenuhi ketuntasan belajar, pada siklus II nilai rata-rata ulangan meningkat yaitu 78,67 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 86,67 % yang memenuhi ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media gambar yang sederhana dan menarik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SDN 4 Tuladenggi. Kata Kunci : Kemampuan Belajar Siswa; Pembelajaran IPS; Media Gambar
Copyrights © 2018