Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 11 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca Titik, Koma, Dan Titik Dua Dalam Kalimat Melalui Metode Diskusi Di Kelas IV SDN I Ogotua Kec. Dampal Utara

Astuti A, Sri Dewi (Unknown)
Gazali, Gazali (Unknown)
Efendi, Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang membahas kemampuan siswa menggunakan tanda baca titik, koma, dan titik dua dalam kalimat melalui metode diskusi. Penelitian dilaksanakan  di SDN 1 Ogotua, melibatkan 20 orang siswa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus terdiri empat  tahap  yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap klasikal 76,6% dan ketuntasan belajar 55%. Sedangkan pada aktivitas guru pada siklus I mencapai 63,33% dan aktivitas siswa mencapai 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan perolehan daya serap klasikal 84,93% sedangkan ketuntasan belajar klasikal 85%. Sedangkan pada aktivitas guru pada siklus II mencapai 90% dan aktivitas siswa mencapai 86,66%. Dengan demikian dapat dismipulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan menggunakan tanda baca titik, koma dan titik dua dalam kalimat di SDN 1 Ogotua. Kata Kunci: Kemampuan Siswa Menggunakan Tanda Baca Titik, Koma, dan Titik Dua dan Metode Diskusi

Copyrights © 2017