ABSTRAKPermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Dikerankan strategi pembelajaran yang digunakan guru masih berceramah sehingga tidak meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Rancangan penelitan tidakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklus melalui empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Obsevasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian pra tindakan dalam kegiatan pembelajaran menunjukan siswa yang tuntas 10 orang dari 30 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 33,33% dan rata-rata hasil belajar 59,66%. Pada siklus I siswa yang tuntas 17 orang dari 30 siswa dalam presentase ketuntasan klasikal 56,6% dan rata-rata hasil belajar 65,3% Pada siklus II siswa yang tuntas 27 dari 30 orang siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 90% dan rata-rata hasil belajar 84%. Dan untuk penilaian aktivitas guru pada siklus I yaitu 51,75% dan aktivitas siswa yaitu 39,25%. Dan siklus II meningkat aktivitas guru yaitu 85,7% dan aktivitas siswa yaitu 87,5%. Berdasarkan hasil belajar penelitan tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN I Parigi pada mata pelajaran PKn.Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament, Hasil belajar, pembelajaran PKn.
Copyrights © 2018