Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Luok pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan penerapan pendekatan PAKEM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bersiklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes awal, dan tes akhir. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN Luok tahun ajaran 2014/2015 yaitu siswa kelas IV sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator kinerja pada penelitian ini adalah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan soal operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat di kelas IV SDN Luok. Hasil belajar pada siklus I di peroleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,25% dan daya serap klasikal sebesar 72,25% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5% dan daya serap klasikal sebesar 87%. Kata Kunci:  Pendekatan PAKEM, Kemampuan Siswa, Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017