Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 8 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN Inti Baina’a

Nirmawati, Nirmawati (Unknown)
Jennah, Muh. Ali (Unknown)
Imran, Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Masalah   dalam   penelitian   ini   adalah   rendahnya   prestasi   belajar   siswa   dalam pelajaran PKn. Kurangnya pemahaman siswa dalam memahami pemerintahan pusat. Penelitan  Tindakan  Kelas  dengan  menggunakan Metode pemberian tugas dalam  pembelajaran bertujuan  untuk   meningkatkan  prestasi belajar siswa  pada  materi  pemerintahan pusat di kelas  IV  SDN Inti Baina’a dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang, terdiri dari 13 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Penentuan subjek ini diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Pelaksanan PTK dilakukan selama 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1). Perencanaan tindakan, (2). Pelaksanaan tindakan, (3). Observasi, (4). Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dari hasil analisis tes prestasi belajar siswa yang diperoleh pada siklus I, siswa yang tuntas 24 orang dari 33 siswa dengan persentase ketuntasan kalasikal 72,7%, dan daya serap klasikal 69,7%, serta aktivitas siswa dalam kategori cukup. Pada siklus II siswa yang tuntas 33 siswa dari 33 siswa atau ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 80,7%, serta aktivitas siswa dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Inti Baina’a pada mata pelajaran PKn. Kata Kunci: Prestasi belajar siswa, PKn, dan Metode Pemberian Tugas

Copyrights © 2018