Masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  rendahnya  prestasi  belajar  siswa  dalam pelajaran PKn. Kurangnya pemahaman siswa dalam memahami pemerintahan pusat. Penelitan Tindakan Kelas dengan menggunakan Metode pemberian tugas dalam pembelajaran bertujuan untuk  meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pemerintahan pusat di kelas IV SDN Inti Bainaâa dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang, terdiri dari 13 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Penentuan subjek ini diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Pelaksanan PTK dilakukan selama 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1). Perencanaan tindakan, (2). Pelaksanaan tindakan, (3). Observasi, (4). Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dari hasil analisis tes prestasi belajar siswa yang diperoleh pada siklus I, siswa yang tuntas 24 orang dari 33 siswa dengan persentase ketuntasan kalasikal 72,7%, dan daya serap klasikal 69,7%, serta aktivitas siswa dalam kategori cukup. Pada siklus II siswa yang tuntas 33 siswa dari 33 siswa atau ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 80,7%, serta aktivitas siswa dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Inti Bainaâa pada mata pelajaran PKn. Kata Kunci: Prestasi belajar siswa, PKn, dan Metode Pemberian Tugas
Copyrights © 2018