Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kayumpia Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Alami

Anugrah, Anugrah (Unknown)
Nurdin, Musdalifah (Unknown)
Lilies, Lilies (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media alami yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SDN Kayumpia. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart, terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,43% berada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rat 94,28% berada dalam kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,33%, berada dalam kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 96,67%, berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 46,6%, pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 93,3%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 65%, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alami dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Kayumpia. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran IPA, media alami.

Copyrights © 2018