Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 2 No 2 (2018): Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia

HUBUNGAN KETERAMPILAN REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA ORGANIK

Muhammad Isnaini (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Wiwid P Ningrum (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan antara representasi simbolik, makroskopis dan submikroskopik dengan pemahaman konsep pada mata kuliah Kimia Organik di UIN Raden Fatah Palembang; 2) letak kesulitan mahasiswa pendidikan kimia UIN Raden Fatah Palembang dalam merepresentasikan konsep Kimia Organik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh, diolah dengan menggunakan Uji Statistik Regresi. Sebelum uji statistik regresi dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas dan uji korelasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang sudah mendapat materi Kimia Organik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan antara representasi simbolik, makroskopis dan submikroskopis dengan pamahaman konsep pada mata kuliah Kimia Organik yang ditunjukkan dari uji statistik F bahwa nilai signifikan kurang dari 0,05. 2) letak kesulitan mahasiswa pendidikan kimia UIN Raden Fatah Palembang dalam merepresentasikan konsep kimia Organik yaitu pada kemampuan makroskopis dan submikroskopis di tunjukkan dari hasil uji parsial bahwa nilai signifikan kemampuan makroskopis dan submikroskopis lebih besar dari 0,05.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

orbital

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

The current issue of Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia contains five articles coverings topics related to chemistry and chemistry education which include study of chemical literacy capabilities, Think-Talk-Write learning strategy, cooperative learning model, metal content and pH analysis of river ...