Untirta Civic Education Journal
Vol 3, No 2 (2018)

PEMIKIRAN: MENETRALISIR RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI MELALUI PARA DOSEN

Agus Sediadi Tamtanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat menyampaikan beberapa pokok-pokok pemikiran berdasarkan metode kualitatif dan kuantitatif. Pokok-pokok pemikiran ditransformasikan ke dalam bentuk pertanyaan yang disebarkan kepada para alumni peserta diklat prajabatan di Pusdiklat-Kemenristekdikti Tahun 2016. Hasil uji validitas dari 15 pertanyaan, ada 3 (tiga) pertanyaan yang valid (RHitung>RTabel) dan hasil uji reliabilitas secara umum pertanyaan yang ada termasuk katagori cukup reliabel dengan kisaran 0,41-0,60 pada skala Alpha Cronbach. Pemikiran tersebut diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh dosen di kampus tanpa melihat latar belakang ilmu, yaitu: (1) Para dosen harus lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap para mahasiswanya; (2) Para dosen harus secara berkesinambungan dan aktif mengingatkan para mahasiswanya untuk dapat menghindari kegiatan-kegiatan yang mendorong radikalisme dikampus; dan (3) Para dosen harus lebih aktif berinteraksi dan berkomunikasi dengan seluruh mahasiswanya, tanpa melihat fakultasnya pada setiap kesempatan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...