Untirta Civic Education Journal
Vol 3, No 2 (2018)

URGENSITAS PARADIGMA DOSEN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMPERTEGAS NASIONALISME

Ahmad Fadli (Unknown)
Mahendra Aswit Sandra Barata (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

Subtansi penelitian ini mencoba menelusuri  paradigma dosen Pendidikan Kewarganegaraan kaitannya dengan bangunan nasionalisme. Fakta empirisnya, nasionalisme dewasa ini dihadapkan pada berbagai macam problematika tantangan. Tantangan dalam wujud ancaman terhadap nasionalisme berasal dari dalam maupun luar negeri. Fokus penelitian ini menitikberatkan pada paradigma dosen Universitas Jember (UNEJ) dan IKIP PGRI Jember dalam mempertegas nasionalisme. Pilihan terhadap para dosen UNEJ karena secara institusional, UNEJ merupakan kampus negeri terbesar di daerah Tapalkuda Jawa Timur, sementara pilihan terhadap IKIP PGRI Jember sebagai penyeimbang dari unsur kampus swastanya. Adapun metode yang telah digunakan adalah kualitatif dengan sifat deskriptif serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kajian paradigmatis. Pendekatan kajian paradigmatis digunakan untuk mengetahui secara mendalam mengenai cara pandang dosen Pendidikan Kewarganegaraan di kampus UNEJ dan IKIP PGRI Jember dalam mempertegas nasionalisme tersebut. Sementara penggunaan metode kualitatif dengan sifat deskriptif di sini, dimaksudkan dalam pelaporan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat membuat gambaran secara sistematis dan akuratif akan fakta-fakta lapangan yang valid. Fakta-fakta di lapangan tersebut kami rangkum untuk menformat ulang sistem pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini telah men-scanning kondisi riil nasionalisme dosen pendidikan kewarganegaraan beserta problematika bawaannya. Hasil penelusuran ini diharapkan dapat menjadi miniatur gambaran realitas nasionalisme sebenarnya. Sehingga gerakan mempertegas nasionalisme tidak berangkat dari wacana utopis atau hanya sekedar romantisme historis belaka. Sehingga tawaran akademis melalui kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan perguruan tinggi benar-benar berangkat dari kebutuhan yang ada berdasar perkembangan fenomena kontemporer. Selain itu, penelitian ini juga telah mencarikan formulasi pendidikan kewarganegaraan yang tepat dalam mempertegas nasionalisme

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...