JOURNAL OF KOMODO SCIENCE EDUCATION
Vol 1 No 01 (2018): Science Education in 21st century (NOVEMBER)

IMPLEMENTATION OF THE STEM LEARNING TO IMPROVE THE CREATIVE THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENT IN THE NEWTON LAW OF GRAVITY MATERIAL

Surya, Jeni Pratika (Unknown)
,, Abdurrahman (Unknown)
Wahyudi, Ismu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Hasil belajar yang menjadi tujuan penelitian adalah bagaimana mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA dengan menggunakan pendekatan STEM. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA satu SMAN 14 Bandarlampung tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group-Pretest-Posttest. Data kemampuan berpikir siswa kreatif dikumpulkan menggunakan kemampuan instrumen secara kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Normalized Gain (N-Gain) sekitar 0,57 dengan kategori sedang. Serta nilai tes sifnicance Paires Sample T-test sebesar 0,000 yang berarti pendekatan pembelajaran STEM untuk implementasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa kreatif. Dalam penelitian ini indikator pemikiran kreatif yang paling berpengaruh terhadap pelaksanaan pendekatan STEM adalah kemampuan berpikir fleksibel dilihat indikator penilaian siswa pretest dan posttest yang diuji menunjukkan peningkatan hasil secara signifikan.

Copyrights © 2018