SIGMA
Vol 2, No 2 (2017): SIGMA

PEMBELAJARAN KONSEP MATA KULIAH TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN RECIPROCAL TEACHING BAGI MAHASISWA

Fetty Nuritasari (Unknown)
Harfin Lanya (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik the one shot case study yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran dan ketuntasan hasil belajar mahasiswa terhadap pembelajaran model Reciprocal Teaching. Tahap-tahap dalam Reciprocal Teaching yaitu 1) Qustioning Generating dimana mahasiswa diminta untuk membuat pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas, 2) Clarifying mahasiswa diberi kesempatan untuk mengklarifikasi materi yang dianggap sulit yaitu dengan bertanya kepada guru, 3) Predicting mahasiswa diberi sola latihan yang memuat soal pengembangan yang harus dikerjakan secara individu, dan 4) Summarizing mahasiswa diminta untuk menyampaikan kesimpulan tentang materi yang dipelajari. pengumpulan data menggunakan metode observasi aktivitas mahasiswa dan tes. Data yang diperoleh, meliputi aktivitas mahasiswa dan ketuntasan hasil belajar mahasiswa terhadap pembelajaran Reciprocal Teaching.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...