Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP)
Vol 5 No 3 (2018): Vol 5 No 3 (2018)

Upaya Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas 2 SD Negeri Bringin 3 Kabupaten Semarang

Rizkika Amatullah Zahra (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Stefanus C Relmasira (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Janelle Lee Juneau (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan soal evaluasi pada setiap akhir siklus. Data ketrampilan berpikir kritis didapat dengan menjumlah semua skor dalam 5 indikator dan membaginya dengan jumlah skor maksimal kemudian dikalikan 100 dengan perolehan skor 49 dengan kriteria cukup kritis pada siklus I dan mengalami peningkatan perolehan skor menjadi 63 dengan kriteria kritis pada siklus II. Dari presentase ketuntasan hasil belajar 11% pada pra siklus meningkat menjadi 66,7% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 83% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan ini memuat karya hasil penelitian, kajian teori pendidikan khususnya pembelajaran dan tulisan tentang pengembangan dan inovasi pendidikan dan pembelajaran.Terbit 4 (empat) bulan ...