JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 7 No 1 (2019): Vol.7.No.1.2019

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS) DALAM MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN MENGAJAR MENGADAKAN VARIASI

Rabiyatul Adawiyah Siregar (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Nurbaya Rosalina Sinaga (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Itgo Hatchi (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Armansyah Lubis (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mahasiswa IPTS dalam mengaplikasikan keterampilan mengajar mengadakan variasi dalam kegiatan PPL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPL NPM 2015 tahun ajaran 2018/2019, sedangkan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 103 orang. Hasil analisa data menunjukkan bahwa gambaran mahasiswa PPL mengaplikasikan keterampilan mengajar mengadakan variasi secara keseluruhan diperoleh nilai persentase 8,10% kategori kurang. Kemampuan untuk variasi suara dengn persentase 43%, pemusatan/perhatian dengan persentase 34%, pemberian waktu atau kesenyapan dengan persentase 39%, mengadakan kontak pandang dengan persentase 26%, pada indikator gerakan badan/ mimik wajah dengan persentase 34% dan perubahan posisi dengan persentase 26%. Berdasarkan Hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa mahasisiwa PPL dalam keterampilan mengajar mengadakan variasi masih kategori kurang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...