Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 2 No 2 (2018)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENILAI KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSERVASI KURA-KURA

Trisna, Dwi Martha (Unknown)
Ruyani, Aceng (Unknown)
Yennita, Yennita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan LKPD konservasi kura-kura pada materi pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan menilai kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura peserta didik. Jenis penelitian adalah Research and Development (RnD) yaitu penelitian untuk mengembangkan suatu produk. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Penilaian perilaku konservasi  peserta didik menggunakan angket konservasi kura-kura diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor-indoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi pengembangan LKPD dengan  persentase 80-86,67%, memiliki kriteria “sangat valid” dan terjadi peningkatan perilaku konservasi kura-kura peserta didik sebesar 5,46 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa LKPD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sangat layak diujicoba dan efektif untuk meningkatkan kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura bagi peserta didik.Kata kunci: Kura-kura sumatera, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), RnD 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...