Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 2 No 2 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-IPA3 SMAN 1 REJANG LEBONG

Agustina, Rahayu Suci (Unknown)
Ansori, Irwandi (Unknown)
Yani, Ariefa Primair (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik pada pembelajaran konsep sistem koordinasi dengan menerapkan Model PBL di kelas XI-IPA 3 SMAN 1 Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalamĀ  dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru biologi yaitu peneliti dan semua peserta didik kelas XI-IPA 3 SMAN 1 Rejang Lebong. Variabel penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah, aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pada siklus I skor aktivitas guru yaitu 26 tergolong kriteria baik, aktivitas peserta didik skor 25,5 tergolong kriteria baik, dan hasil belajar peserta didik yaitu 63,64% tergolong kriteria belum tuntas. Pada siklus II skor aktivitas guru yaitu 27 kriteria baik, aktivitas peserta didik 27 kriteria baik, dan hasil belajar peserta didik mencapai 81,82 % kriteria tuntas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model PBL dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didikĀ  kelas XI-IPA 3 SMAN 1 Rejang Lebong pada konsep sistem koordinasi.Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...