Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018

Bahan Ajar IPS Berbasis Gambar sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar

Ayu Devia Miftahul Hasanah (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
M. Zainuddin (KSDP-Universitas Negeri Malang)
Sunaryanto Sunaryanto (Akuntansi-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Abstract: This research was aimed to produce textbook IPS based on images. IPS textbook can be used as a one learning resources in the learning process. Textbook product is developed based on the steps of Dick and Carey model with ten stages development. BasedĀ  on validity and trials result, showed (a) students book validity result reaches 80.62% with valid criteria; (b) students book attractiveness result reach 88% with very interesting criteria; (c) the students and teachersĀ  book practicality reach 89,5% with very practise; (d) the effectivity outcome that student learning really significant that doing by comparing pretest and posttest result. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar IPS berbasis gambar. Buku ajar IPS dapat dijadikan salah satu sumber belajar dalam pembelajaran. Produk buku ajar yang dikembangkan berdasarkan dengan langkah-langkah model pengembangan Dick and Carey dengan sepuluh tahapan. Hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, diperoleh data yakni (a) hasil validasi terhadap buku siswa mencapai persentase 80,62% dengan kriteria valid; (b) hasil uji kemenarikan terhadap buku siswa mencapai persentase 88% dengan kriteria sangat menarik; (c) hasil uji kepraktisan siswa dan guru mencapai persentase sebesar 89,5% dengan kriteria sangat praktis; (d) hasil uji efektivitas bahwa hasil belajar signifikan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...