Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1, Februari 2019

Kemampuan Multirepresentasi Siswa dalam Pembelajaran APBL (Authentic Problem Based Learning) Pada Materi Elastisitas dan Getaran

Ratika Sekar Ajeng Ananingtyas (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Lia Yuliati (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe fenomenologi yang bertujuan mendeskripsikan perkembangan kemampuan multirepresentasi siswa dalam pembelajaran aPBL. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA. Data penelitian dianalisis secara secara kualitatif dengan mendeskripsikan temuan secara tekstual, grafik, dan tabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan multirepresentasi siswa yang menonjol adalah kemampuan multirepresentasi matematis dan yang kurang adalah kemampuan multirepresentasi verbal. Dari kuesioner respon siswa, siswa paling menyukai format soal bergambar dan menyelesaikan permasalahan dengan mengilustrasikan jawaban.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...