JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 5, No 1: Februari 2018

PELAKSANAAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO PADA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA DONGENG LOKAL DI SD MUHAMMADIYAH

Apri Kartikasari H. S (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)
Fauzatul Marufah Rohmanurmeta (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan bahan ajar berbasis audio pada pembelajaran mendengarkan cerita dongeng lokal di SD Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa teknik, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi dilakukan dengan cara triangulasi metode, yaitu dengan mengecek ulang informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa dengan penggunaan bahan ajar berbasis audio pada pembelajaran mendengarkan cerita dongeng lokal di SD Muhammadiyah memiliki banyak keuntungan yaitu: 1) peserta didik tidak cepat merasa jenuh dan cepat lupa terhadap materi pelajaran, 2) meningkatkan pemahaman peserta didik, 3) meningkatkan motivasi belajar peserta didik, 4) kompetensi aspek mendengarkan dapat tercapai dengan baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali ...