Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya
Vol 2 No 1 (2018): SPECIAL ISSUE : Pendidikan Kewarganegaraan di Madura

Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Diskusi dan Metode Ceramah Bidang Studi PKn Kelas X MA Mambaul Ma’arif Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Mawardi, Ach (Unknown)
Liesdiani, Mety (Unknown)
Dewi, Hefi Rusnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2019

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam proses belajar mengajar. Metode yang dipilih hendaknya metode yang dapat menarik minat siswa sehingga tergerak hatinya untuk secara aktif berusaha meningkatkan pemahaman, Seorang guru yang profesional harusnya sudah memahami, dan mampu menngunakan berbagai metode-metode mengajar sesuai dengan perkembangan dan kemajuan pendidikan. Mengingat tidak ada satupun metode mengajar yang cocok digunakan untuk semua tujuan mata pelajaran,  maka beberapa metode belajar dapat digunaka secara bervariasi, sehingga tidak menimbulakan kebosenan dalam diri siswa. Pemilihan metode di sesuaikan dengan tujuan pendidikan yang hendak dicapai, materi yang akan diajarkan. Berdasarkan hal tersebut di atas, tujuan yang ingin di capai dalam hal ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi dan metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajran PKn. Obyek penelitian ini adalah kelas X-B MA Mambaul Ma’arif Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 31 siswa kelas X-B MA Mambaul ma’arif Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang, pembelajran ini di lakukan secara bergantian yaitu belajar dengan menggunakan metode diskusi dan metode ceramah. Berdasarkan analisa perhitungan uji hipotesis t tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,040 sedangkan t hitung sebesar 1,393,  yang berarti bahwa t tabel lebih besar dari t hitung dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) di tolak, sedangkan hipotesis nihil (Ho) di terima, yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi dan metode ceramah bidang studi PKn kelas X MA mambaul ma’arif kecamatan banyuates kabupaten sampang tahun pelajaran 2015/2016.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CC

Publisher

Subject

Arts Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

The CIvic-Culture Journal is an Open Access Journal which means it can be accessed Freely by users or institutions at no cost, and already has ISSN number: 2579-9924 (ISSN online) and 2579-9878 (ISSN Print). Published twice a year in January and July. Published by Prodi PPKn STKIP PGRI Bangkalan. ...