Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 2 No 2 (2017): June

Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari Guru Sekolah Dasar

Safahi, Luthpi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan guru sekolah dasar dalam menyiapkan, merumuskan, dan mengadaptasi komponen RPP bidang studi ilmu pengetahuan alam (IPA) berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik survei dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 28 orang yang diambil menggunakan purposive teknik sampling. Instrumen penelitian adalah format analisis RPP yang terdiri dari 10 komponen dan kuesioner pengembangan professional. Berdasarkan sebagian besar RPP yang dibuat oleh guru sekolah dasar di Bengkulu diperoleh bahwa 85.7% sesuai dengan standar format CSP dan karakteristik pelajaran IPA. Perumusan dari setiap komponen RPP seperti kesesuaian indikator dengan SK / KD, kejelasan langkah-langkah KBM, metode, media, sumber belajar, kesesuaian bahan ajar, dan penilaian adalah baik karena sebagian besar responden (60.71%) telah menyusun komponen RPP berdasarkan standar dan karakteristik pelajaran IPA. Sedangkan pengembangan indikator yang ditujukan untuk level kognitif dan alokasi waktu masih kurang managemen.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...