Journal of Primary Education
Vol 5 No 1 (2016)

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI MEDIA DADU DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI

Rohmah, Naili (Unknown)
Rustono, Rustono (Unknown)
Rifa’i, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian1) menganalisis hasil belajar kemampuan matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol; 2) menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif melalui media dadu dalam pengembangan kemampuan matematika bagi anak usia dini; dan 3) memaparkan respons anak-anak terhadap model pembelajaran kooperatif melalui media dadu dalam pengembangan kemampuan matematika bagi anak usia dini.Desain peneitian yang digunakan adalah quasi eksperimental designtipe nonequivalent control group design. Hasil Penelitian penelitian: 1) hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol; 2) model pembelajaran kooperatif lebih efektif daripada model konvensional; dan 3) anak-anak lebih banyak memberikan respons positif terhadap pembelajaran kooperatif melalui media dadu. Disarankan dilakukan penelitian lanjutan terkait pengembangan kemampuan menyebut bentuk geometri dan membedakan kemampuan matematika antara anak-anak yang menggunakan model berkelompok dengan model individual.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Primary Education publishes research articles results and conceptual studies in field of elementary mathematics education, science, Indonesian languange and social studies for primary education level. Journal of Primary Education publishes research studies employing a variety of ...