JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Number 1 March 2018

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING

Hijrah Eko Putro (Universitas Muhammdiyah Magelang)
Sugiyadi Sugiyadi (Universitas Muhammdiyah Magelang)
Hadi Pranoto (Universitas Muhammdiyah Metro)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MTs Al Iman Kota Magelang, (2) Mengetahui kondisi obyektif motivasi belajar siswa, (3) menghasilkan model layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (4) mengetahui efektivitas layanan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning untuk peningkatan motivasi belajar siswa MTs Al Iman Kota Magelang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Iman Kota Magelang yang berjumlah 29 siswa dan digunakan sebagai sampel 8 siswa. Desain penelitian menggunakan pre-experimental: one group pretest-posttest design dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired sample t-Test dengan pertimbangan dalam penelitian ini menggunakan satu variabel bebas (Independent Variabel). Hasil uji efektivitas dari penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning. Tingkat motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil skala motivasi belajar sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning sebesar 22,73 % dan diperkuat melalui uji efektivitas menggunakan t-test yang menunjukan -t hitung < -t tabel, yaitu -5,857 < -2,365 atau data Sig (0,001) < 0,05.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JBKI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the ...