Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2 No 2 (2013): Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling

PROFIL GAYA BELAJAR SISWA SMP AL MA’MUR JAKARTA PUSAT

Arini Handayani (Unknown)
Theodorus Immanuel Setiawan (Unknown)
Karsih Karsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kecenderungan gaya belajar siswa SMP Al Ma’mur Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner gaya belajar yang dikembangkan berdasarkan teori Neil D Fleming. Dari empat kecenderungan gaya belajar menurut Fleming, yaitu visual, aural, read/write, dan kinestetik, hasil penelitian menunjukkan dari 49 siswa diketahui sebanyak 34,69% (17 siswa) memiliki gaya belajar visual, gaya belajar aural sebanyak 18,36% (9 siswa), gaya belajar read/write sebanyak 24,48% (12 siswa), dan gaya belajar kinestetik sebanyak 22,44% (11 siswa). Jika dianalisis pada masing-masing gaya belajar, maka diketahui: untuk gaya belajar visual 76,47% siswa berada pada tingkat sedang; gaya belajar aural 100% siswa berada pada tingkat sedang; gaya belajar read/write 83,33% siswa berada pada tingkat sedang; dan gaya belajar kinestetik 81,82% siswa pada tingkat sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada dasarnya siswa cukup memiliki modalitas dalam belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

insight

Publisher

Subject

Education Other

Description

Insight: Jurnal dan Bimbingan Konseling is a peer-reviewed, open access, and online journal about research, reports, book reviews, and commentaries on all aspects of guidance and counseling which is published by Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Jakarta. Insight: Jurnal ...