Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Membaca Intensif Siswa Kelas VII di Kecamatan Langke Rembong.

Jaya, Petrus Redy Partus (Unknown)
Jelahut, Marianus Supar (Unknown)
Kebol, Yoakim Jekson (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian membaca dalam pembelajaran BahasaIndonesia kelas VII. Prinsip dasar yang memotivasi pelaksanaan penelitian ini adalah urgensi penilaian sebagai testdriven instruction dalam pembelajaran. Keterampilan membaca siswa dapat ditingkatkan apabila guru memilikireferensi model penilaian membaca yang menjangkau semua kompetensi membaca siswa. Pengembangan instrumendimulai dengan mendeskripsikan model penilaian membaca yang telah digunakan oleh guru bahasa Indonesia kelasVII. Pada tahap ini, ditemukan bahwa instrumen yang dikembangkan guru belum menjangkau semua kompetensidasar yang menjadi target kegiatan membaca. Selanjutnya, peneliti mengembangkan instrumen penilaian membaca.Instrumen yang dikembangkan berupa instrument jawaban singkat, uraian, dan rubrik penilaian kinerja. Instrumenyang dikembangkan ini digunakan untuk menilai kegiatan membaca teks hasil observasi, teks tanggapan deskriptif,dan teks eksposisi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio (JPKM) is published regularly twice a year in January and June by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Santu Paulus College of Teacher Training and Education. This journal contains scientific articles from research in the fields of ...