PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENDIDIKAN (LPP) MANDALA


Pengaruh Kualitas Pelayanan Operator Madrasah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram

Sri Erny Muliyani (Unknown)
Hj. Husnul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan merupakan salah satu strategi yang tepat agar sekolah mampu mempertahankan eksistensinya terhadap persaingan sekolah yang semakin ketat. Kepuasan kerja guru tidak hanya ditentukan dari pengajaran melainkan juga ditentukan dari pengalaman mereka secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan operator terhadap kerja para guru-guru di Madrasah Aliyah Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram. Sampel penelitian adalah guru yang masih aktif minimal 2 tahun berjumlah 30 orang. Menggunakan teknik analisa regresi linier berganda yaitu untuk menunjukkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan operator baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan kerja guru. Hasil pengujian simultan variabel bebas, terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible secara bersama-sama menunjukkan pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu pada kepuasan kerja guru, dengan  indikasi nilai masih dibawah α = 5%. Hasil ini diperkuat dengan koefisien determinasi sebesar 61% menunjukkan bahwa kontribusi variabel bebas sangat besar. Selanjutnya untuk hasil pengujian secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat mempunyai pengaruh yang signifikan, diindikasikan dari tingkat signifikansi masing-masing variabel bebas kurang α = 5%. Hasil pengujian koefisien determinasi parsial menunjukkan bahwa variabel reliability memiliki nilai tertinggi, sehingga diindikasikan bahwa variabel reliability  memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja guru di Madrasah Aliyah Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram

Copyrights © 0000