PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENDIDIKAN (LPP) MANDALA


Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Smp Kelas VII

Nurmiati Nurmiati (Unknown)
Zulkarnain Gazali (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran monopoli biologi pada materi klasifikasi makhluk hidup dan mendeskripsikan kelayakan media monopoli biologi yang dikembangkan. Prosedur penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define, design, development, dan disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMPN 14 dan SMPN 17 Mataram yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran monopoli biologi yang dikembangkan dan divalidasi oleh 4 orang validator. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba pada siswa, media monopoli biologi layak dan dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Copyrights © 0000