PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENDIDIKAN (LPP) MANDALA


Pengembangan Bahan Ajar Laju Reaksi Dengan Modelinquiry Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa

Erly Zohrani (Praktisi Pendidikan Kimia)
Suryati Suryati (IKIP Mataram)
Yusran Khery (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe berupa bahan ajar yang berbasis android pada materi laju reaksi untuk menumbuhkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan rancangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil pengembangan divalidasi oleh tiga validator ahli, satu validator praktisi dan sepuluh siswa SMAN 1 Wanasaba sebagai validator uji terbatas siswa. Data kuantitatif hasil validasi kelayakan dan hasil penilaian sikap siswa terhadap sains dianalisis dengan rumus persentase dan data hasil ujicoba terbatas bagaimana penggunaanbahan ajar yang berbasis android pada materi laju reaksi dihitung dengan N-gain. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari validator digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Kelayakan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan yakni sangat layak dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 92,5% dan ahli media sebesar 86,5%, praktisi dari guru kimia 89%, praktisi dari siswa 85%, serta uji praktisi dari soal literasi sains siswa sebesar 92 % dengan kesimpuan sangat layak.. Di samping itu dari uji kelayakan tahap lanjut didapatkan rata-rata skor N-gain yakni 0,52 dengan kategori sedang dan % sikap siswa terhadap sains sebesar 81 % dengan kategori sangat layak. Jadi dapat disimpulkan bahawa pertumbuhan literasi sains siswa dikategorikan sedang dan hasil ini layak untuk dilanjutkan ke ujicoba skala luas

Copyrights © 0000