Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 11, No 2 (2016): Agustus

Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Tilamuta

Sandi, Fadly ( Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Rumape, Opir ( Universitas Negeri Gorontalo)
Mohamad, Erni ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Tilamuta. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tilamuta, dan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang berjumlah 9 nomor soal. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji –t. Hasil penelitian yang didapatkan, data berdistribusi normal yaitu nilai Lhitung < Ltabel, data memiliki varians yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel, dan uji hipotesis yang didapatkan yaitu nilai thitung > ttabel (1,71 > 1,68). Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa, meskipun pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Hal ini disebabkan karena media animasi masih memiliki beberapa kekurangan. Olehnya itu, diperlukan variasi penggunaan metode pembelajaran yang baik untuk menutupi kekurangan dari penggunaan media animasi sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...