Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 2 Gorontalo, yang berjumlah 94 orang dan tersebar dalam 3 kelas dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group. Pengumpulan data menggunakan instrumen. Tes instrumen penelitan ini berupa tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Tes sebelum digukan dilakukan uji validasi dan reliabiitas. Analisis data menggunakan kriteria pengujian hipotesis yaitu terima H0 jika ttabel = thitung atau tolak H0 jika ttabel ≠ thitung. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 1,16 dan ttabel = 1,99, maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan te pada materi koloid.
Copyrights © 2017