Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 2 (2018): Agustus

Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam

Fidya, Fidya ( Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Sihaloho, Mangara ( Universitas Negeri Gorontalo)
Botutihe, Deasy N. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa yang tersebar dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan saintifik dan kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes objektif beralasan sebagai instrumen yaitu tes berisi tentang materi hidrolisis garam. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data untuk hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 60 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 7,94 > 1,67. Dengan demikian hipotesis alternatif (H1) diterima dan H0­ ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...