Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 13, No 1 (2018): Februari

Deskripsi Keterampilan Metakognitif Mahasiswa yang Memiliki Gaya Kognitif Field Independent dalam Memecahkan Masalah Stoikiometri

Limbanadi, Sandi ( Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Sihaloho, Mangara ( Universitas Negeri Gorontalo)
Tangio, Julhim S. ( Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah stoikiometri. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan kimia semester III Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data keterampilan metakognitif dari hasil wawancara menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang memiliki gaya kognitif field independent memiliki keterampilan metakognitif yaitu: Pada tahap memahami masalah melibatkan keterampilan metakognitif dengan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Pada tahap membuat rencana subyek melibatkan keterampilan metakognitif yaitu dapat menyusun rencana pemecahan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana subyek cukup mampu melibatkan keterampilan metakognitif, subyek dapat menetapkan hasil akan tetapi tidak dapat menemukan kesalahan. Pada tahap mengevaluasi hasil pemecahan masalah subyek mampu melibatkan keterampilan metakognitif dengan mengecek dan melakukan perbaikan hasil akhir pada langkah pemecahan masalah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...