Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah stoikiometri. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan kimia semester III Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data keterampilan metakognitif dari hasil wawancara menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang memiliki gaya kognitif field independent memiliki keterampilan metakognitif yaitu: Pada tahap memahami masalah melibatkan keterampilan metakognitif dengan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Pada tahap membuat rencana subyek melibatkan keterampilan metakognitif yaitu dapat menyusun rencana pemecahan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana subyek cukup mampu melibatkan keterampilan metakognitif, subyek dapat menetapkan hasil akan tetapi tidak dapat menemukan kesalahan. Pada tahap mengevaluasi hasil pemecahan masalah subyek mampu melibatkan keterampilan metakognitif dengan mengecek dan melakukan perbaikan hasil akhir pada langkah pemecahan masalah.
Copyrights © 2018